E-Learning Workshop Jogjakarta
E-Learning Workshop
E-LEARNING
What is eLearning ? It means that LEARNING by electronic media or LEARNING that based on from CD-ROM, Intranet and Internet eLearning Components There are 3 components on e-Learning Course : HOME Learning Management System {MOODLE} CONTENT Modul or Content that based on from text, multimedia, web {EXE} TOOLS Server & Workstation , Computer Installation
Karya Tulis
BAB : I
PENDAHULUAN
Bab I ini
menyajikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan pengembangan,
spesifikasi produk pengembangan, pentingnya pengembangan, asumsi dan
keterbatasan pengembangan, dan batasan istilah
A.
Latar
Belakang Masalah
Belajar adalah kebutuhan hidup yang "self-generating", yang mengupayakan
dirinya sendiri, karena sejak lahir manusia memiliki dorongan melangsungkan
hidupnya. Manusia belajar terus-menerus untuk mampu mencapai kemandirian dan
beradaptasi terhadap berbagai perubahan lingkungan. (Semi-awan, 2007:1-2)
Saat ini
teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi bagian dari gaya hidup
masyarakat Indonesia, kemajuannya luar biasa terutama dalam bidang komputer
baik desainernya maupun softwarenya. Hampir setiap bulan para desainer,
pabrikan, ahli dalam bidang teknologi komputer terus menerus mengadakan
penelitian dan pengembangan teknologi.
Bangsa Indonesia yang semakin besar
tidak luput dari kemajuan teknologi informasi ini, walapun pada umumnya berada
pada tataran konsumen/pemakai yang kalah jauh dari negara tetangga yang sudah
masuk pada tataran desainer teknologi dan produsen komponen-komponen informasi
teknoiogi informasi terutama bidang komputer.
Untuk menyikapi perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat tersebut, diperlukan
adanya sumber daya yang handal agar negara kita tidak hanya menjadi pemakai
teknologi, namun bisa berkembang menjadi 'pencipta:" teknologi itu sendiri.
Saat ini para siswa di sekolah
khususnya setingkat SMK atau yang sederajat, sudah mulai diberi sebuah mata
pelajaran yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga
diharapkan para siswa setidaknya sudah tidak asing dalam penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi.
TOEIC (Test of English for International
Communication) adalah test yang harus ditempuh siswa SMK, karena mereka
akan memasuki lapangan dunia kerja. Tujuan dari test tersebut adalah 1.
mengetahui kemampuan berbahasa Inggris, 2. untuk mendapatkan posisi
baru/promosi di perusahaan, 3. memonitor perkembangan dalam menggunakan bahasa
Inggris, 4. merencanakan tujuan pembelajaran, 5. memotivasi karyawan untuk
mengembangkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.(ELC. 2000)
Listening Comprehension adalah bagian
dari test TOEIC ini, materi ini terdiri
dari pictures 20 soal, question responses 30 soal, short conversation 30 soal
dan short talks 20 soal dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan angket yang
telah disebarkan pada siswa SMKN 2
Buduran Sidoarjo yang telah menempuh test TOEIC, kendala utama yang dihadapi
adalah Listening Comprehension, referensi yang tersedia di SAS (Self Access Study) mayoritas
buku teks reading dan structure, sedangkan untuk materi Listening Comprehension sangat terbatas yaitu berupa kaset dan itupun harus
menggunakan tape-recorder, sehingga sulit bagi siswa untuk belajar materi
tersebut yang membuat siswa kurang berminat untuk mempelajari materi Listening
. Guru dituntut untuk lebih kreatif
dalam membuat media belajar , salah satunya dengan menggunakan IT.
Untuk itu diperlukan adanya
sistem pembelajaran yang baik agar para siswa bisa lebih mudah memahami
pembelajaran tentang teknologi informasi dan komunikasi. Information Communication Technology berpendapat untuk membuat pengajaran postcompulsory dan belajar lebih efektif dan lebih adil dengan menawarkan beragam kesempatan belajar untuk beragam peserta didik secara nyaman dan hemat
biaya. Dalam era globalisasi saat
ini e-Learning
tampaknya menjadi salah satu media
yang paling terkenal dan menarik.
Sebagaimana
dinyatakan oleh Andrews (2007:30) bahwa e-Learning mencakup semua tingkat pendidikan dari pra-sekolah sampai sekunder / sekolah tinggi, pendidikan tinggi dan
seterusnya.
B.
Tujuan Pengembangan
Tujuan pengembangan ini adalah
menghasilkan paket pembelajaran menerangkan materi-materi Listening
Comprehension yang dibuat dan ditulis di e-Learning XHTML editor eXe dan
menerangkan materi tersebut yang diimplementasikan dengan menggunakan eXe.
Keberadaan paket media pembelajarn ini diharapkan dapat meningkatkan minat
belajar siswa dan pada akhirnya dapat meningkatkan scor TOEIC.
C.
Spesifikasi Produk Pengembangan
Produk yang ingin
dihasilkan dalam pengembangan ini adalah
1. Paket
Listening Comprehension yang
dirancang secara tepat dengan menggunakan e-Learning
XHTML editor eXe. Susunan bahan ajar ini meliputi 33 topik dan latihan soal
yang terdiri dari pictures, question
responses, short conversation dan short talks.
2.
Paket Panduan untuk guru.
Berisi panduan untuk guru bagaimana
menggunakan program dari eXe dalam pembelajaran Listening Comprehension.
D.
Pentingnya
Pengembangan
Pengembangan
media bahan ajar Listening Comprehension ini diharapkan berguna untuk ;
1. Siswa/Peserta didik
Materi Listening
Comprehension yang ditulis di eXe membuat siswa mempunyai kesempatan untuk
belajar Listening bahasa Inggris secara mandiri.
2. Untuk Guru
eXe membantu guru dan akademis dalam
pembuatan konten web tanpa perlu mahir dalam HTML atau XML. http://exelearning.org/.
E.
Asumsi dan keterbatasan Pengembangan
Penelitian pengembangan ini memiliki asumsi dan keterbatasan. Asumsi dan keterbatasan yang terdapat dalam pengembangan
ini adalah sebagai berikut :
E.1. Asumsi
Beberapa asumsi dalam pengembangan
bahan ajar “Listening Comprehension“
adalah sebagai berikut :
- Pengembangan bahan ajar Listening Comprehension dapat
meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil Score TOEIC, karena
peningkatan kualitas pembelajaran dimulai dari desain pembelajaran;
- Pengembangan bahan ajar Listening Comprehension yang
disesuaikan dengan karakter siswa dapat menarik perhatian dan memotivasi
siswa agar memiliki kreatifitas dan prakarsa belajar;
- Bahan ajar yang didesain secara
sistematis dan mengikuti prinsip-prinsip desain pesan, dapat menarik
perhatian dan memudahkan siswa untuk mempelajarinya;
- Bahan ajar yang diorganisasi secara
sistematis akan memudahkan siswa untuk membangun struktur kognitifnya;
- Bahan ajar yang disusun secara
sistematis, dilengkapi dengan panduan guru dan panduan siswa dapat
memudahkan siswa dan guru melaksanakan pembelajaran.
E.2 Keterbatasan Pengembangan
Beberapa
keterbatasan dalam pengembangan paket bahan ajat ini adalah :
- Bahan ajar ini didesain sesuai dengan
karakteristik siswa SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang memiliki ciri khas,
sehingga bahan ajar ini didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa.
- Bahan ajar yang dikembangkan
menggunakan pendekatan system yang bersifat linear, sehingga cara
mempelajarinya harus dilakukan secara berurutan ( procedural ).
- Hanya
untuk aspek Listening Comprehension.
F. Batasan Istilah
Untuk menghindari perbedaan persepsi
antara pengembang dengan pembaca dalam memahami produk penelitian pengembangan
ini maka perlu dijelaskan istilah-istilah yang terdapat dalam judul.
Beberapa istilah
tersebut adalah sebagai berikut :
- Listening Comprehension adalah bahan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan siswa/peserta
didik dan permintaan sekolah berdasarkan
Kurikulum yang tersedia.
- e-Learning XHTML
editor (eXe) adalah rata-rata menciptakan bahan dengan menulis dalam
halaman web dan mempublikasikannya.
- Self access study center ( SAS
Center ) adalah ruangan pembelajaran yang didesain khusus untuk
menciptakan suatu lingkungan yang berbasis bahasa Inggris atau english
environment.
Berdasarkan
batasan istilah di atas, maka yang dimaksud dengan pengembangan bahan ajar Listening Comprehension dengan
menggunakan e-Learning XHTML Editor
(eXe) adalah penerjemahan spesifikasi desain bahan ajar dalam wujud fisik (
berupa bahan ajar yang ditulis dan dipublikasikannya ke dalam halaman web )
How to reduce stress and be happy on the job
Have you any quick, simple suggestions for how I can reduce the stress I’m under at work ? I’m a manager in a large bank, and between company politics, customers who don’t pay back their loans, and may heavy workload, I find myself under what seems to be unrelenting stress and pressure at work. The stress is beginning to affect my work and family life, and any suggestions would be appreciated.
Suggestions
range from “get more sleep” to ‘use
transcendental meditation”. But in a recent book, Stress and the Manager,
Dr.Karl Albrecht suggests the following to reduce stress on the job :
- Build
rewarding, pleasant, cooperative relationship with as many of your
colleagues and employees as you can.
- Don’t
bite off more than you can chew. Take on only those assignments that you
know you have time for.
- Build
an especially effective and supportive relationship with your boss.
Understand his or her problems
and help the boss to understand yours.
- Negotiate
realistic deadlines on important projects with your boss. Be prepared to
propose deadlines yourself, rather than have them imposed.
- Study
the future. Learn as much as you can about likely coming events, so that
you can anticipate them well in
advance.
- Find
time every day for detachment and relaxation.
- Take
a walk now and then to keep your body refreshed and alert.
- Make
a noise survey of your office area and find ways to reduce unnecessary
racket.
- Get
away from your office from time to time for a change of scene and a change
of mind.
- Reduce
the amount of trivia to which you give your attention. Delegate routine
paperwork to others whenever possible.
- Limit
interruptions. Try to schedule certain periods of “interruptability” each day and save
other periods of time for your own purposes.
- Make
sure you know how to delegate effectively.
- Don’t
put off dealing with distasteful problems such as counseling a problem
employee.
- Make
a constructive “worry list” Write down the problems that concern you and
beside each write down what you’re going to do about it, so that none of
the problems will continue to bother you unconsciously.
Surabaya , 24 Desember 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar